cover
Contact Name
Fajri Basam
Contact Email
fajribasam@unismuh.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
jrpd@unismuh.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kota makassar,
Sulawesi selatan
INDONESIA
Jurnal Riset Pendidikan Dasar
ISSN : 26151723     EISSN : 26151766     DOI : -
Core Subject : Education, Social,
Jurnal Riset Pendidikan Dasar (JRPD) [p-ISSN 2615-1723 | e-ISSN 2615-1766] menerbitkan artikel hasil penelitian di bidang pendidikan matematika, sains, bahasa Indonesia dan studi sosial untuk tingkat pendidikan dasar. Jurnal ini menerbitkan studi penelitian yang menggunakan berbagai metode dan pendekatan kualitatif dan / atau kuantitatif di bidang pendidikan dasar. Jurnal ini bertujuan untuk mengembangkan konsep, teori, perspektif, paradigma, dan metodologi dalam ruang lingkup pendidikan dasar.
Arjuna Subject : -
Articles 9 Documents
Search results for , issue "Vol 4, No 2 (2021): Oktober 2021" : 9 Documents clear
PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBASIS PERMAINAN TRADISIONAL DAKON DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA JAWA KELAS IV SD Luluk Dewi Suryani, Muhamad Jazeri, Binti Maunah
JRPD (Jurnal Riset Pendidikan Dasar) Vol 4, No 2 (2021): Oktober 2021
Publisher : Universitas Muhammadiyah Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26618/jrpd.v4i2.5629

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pengembangan, keefektifan penggunaan media, dan hasil belajar bahasa Jawa kelas IV MI Miftahul Ulum Plosorejo Kademangan Blitar dalam menggunakan multimedia interaktif berbasis permainan tradisional dakon. Penelitian dan pengembangan ini menggunakan metode research and development (RD) dengan menggunakan model Borg and Gall. Instrumen pengumpulan data menggunakan observasi, tes, angket/kuesioner, dan wawancara. Teknik analisis data berupa analisis data angket, analisis data tes, uji homogenitas, uji normalitas, dan uji t-test. Subyek menilai produk untuk media pembelajaran kelas IV MI Miftahul Ulum Plosorejo Kademangan Blitar.Kata Kunci : Pengembangan, Multimedia Interaktif, Hasil Belajar Bahasa Jawa.
PENGEMBANGAN BUKU PEDOMAN PERMAINAN TRADISIONAL UNTUK MENUMBUHKAN KARAKTER KEBAIKAN HATI ANAK USIA 9-12 TAHUN Nurma Dwi Astuti; Gregorius Ari Nugrahanta
JRPD (Jurnal Riset Pendidikan Dasar) Vol 4, No 2 (2021): Oktober 2021
Publisher : Universitas Muhammadiyah Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26618/jrpd.v4i2.6016

Abstract

The purpose of this study was to develop a traditional game manual to improve the heart character of children aged 9-12 years. This study used the ADDIE type of research and development (RD) method. This study involved nine elementary school teachers from various regions to conduct needs analysis, nine validators through expert judgments, and six children for limited trials of traditional game manuals. The results of the study showed that 1) Traditional game manuals to cultivate character improved the hearts of children aged 9-12 years based on ADDIE type steps, namely Analyze, Design, Develop, Implement, and Evaluate; 2) The quality of the traditional game manual was stated to be “Very good” with a score of 3.87 (scale 1-4) with the recommendation “No need for revision”; and 3) The application of traditional game manuals had an effect on children's heart character. The results of the significance test showed t(5) = 7,480; p = 0.001 (p 0.05). The magnitude of the influence of the guidebook was r = 0.95 or equivalent to 91.80% which was included in the "Big Effect" category. This means that traditional game guidelines had a 91.80% influence on changes that occurred in the character of the child's kindness. The effectiveness level was obtained based on the N-gain score, which is 86,0071% which was included in the "High" effectiveness category.
PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR MELALUI DAKONMATIKA BERBASIS TEKNOLOGI VISUAL Nur Ajizatul Mufidah; Mohammad Faizal Amir
JRPD (Jurnal Riset Pendidikan Dasar) Vol 4, No 2 (2021): Oktober 2021
Publisher : Universitas Muhammadiyah Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26618/jrpd.v4i2.5988

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas belajar dan hasil belajar siswa sekolah dasar melalui penerapan DakonMatika berbasis teknologi visual. Metode penelitian yang dilakukan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Partisipan penelitian adalah 35 siswa kelas IV sekolah dasar pada semester Ganjil Tahun Ajaran 2021-2022 yang menerima materi KPK dan FPB. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah observasi aktivitas dan tes hasil belajar matematika melalui dua siklus PTK. Instrumen penelitian terdiri dari lembar observasi aktivitas belajar dalam hal mengajukan pertanyaan, memberikan gagasan dan usulan, mengemukakan pendapat sendiri, mengajukan pemikiran, dan bekerja mandiri. Serta tes hasil belajar kognitif berupa soal pilihan ganda dan isian pada materi KPK dan FPB. Teknik analisis data kuantitatif dilakukan melalui konversi persentase indikator keberhasilan aktivitas belajar dan hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa indikator aktivitas belajar meningkat dengan perbedaan gain yang signifikan, kecuali pada aktivitas dalam memberikan gagasan dan usulan.  Sedangkan hasil belajar siswa menunjukkan peningkatan dan mencapai ketuntasan belajar. Dengan demikian, penerapan DakonMatika berbasis teknologi visual menyebabkan peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa sekolah dasar
ANALISIS KESULITAN PEMBELAJARAN ONLINE DITINJAU DARI SUDUT PANDANG GURU DI SDN 4 KAMPUNGDALEM KABUPATEN TULUNGAGUNG Nourma Oktaviarini; KESSI AYU WULANDARI
JRPD (Jurnal Riset Pendidikan Dasar) Vol 4, No 2 (2021): Oktober 2021
Publisher : Universitas Muhammadiyah Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26618/jrpd.v4i2.6079

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa dan mendeskripsikan kesulitan pembelajaran online ditinjau dari sudut pandang guru di SDN 4 Kampungdalem Kabupaten Tulungagung. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, lembar observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada indikator perencana, pelaksana, dan penilai diperoleh total skor indikator perencana 66 sehingga diperoleh capaian 46 dengan kategori “cukup”, total skor indikator pelaksana 61 sehingga diperoleh capaian 42 dengan kategori “cukup”, pada indikator penilai mendapat total skor 59 sehingga diperoleh capaian 40 dengan kategori “cukup”. Dapat ditarik kesimpulan bahwa guru yang berperan sebagai perencana, pelaksana, dan penilai dalam pembelajaran mengalami kesulitan dalam (1) menguasai teknologi, (2) pembelajaran dengan metode yang bervariasi, dan (3) merumuskan hasil belajar siswa.
PENGARUH PENGETAHUAN AWAL TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK PADA TEMA PANAS DAN PERPINDAHANNYA DI KELAS V SD Sun Dahry; Aldora Pratama
JRPD (Jurnal Riset Pendidikan Dasar) Vol 4, No 2 (2021): Oktober 2021
Publisher : Universitas Muhammadiyah Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26618/jrpd.v4i2.5336

Abstract

The purpose of this study was to investigate: the effect of initial knowledge on critical thinking skills of students. This research is a quasi experimental research. The population is all students at SD Nanggalo Tarusan Pesisir Selatan and the sample is 50 students in class VA and VB. This sampling technique is porpusive sampling. The data from the research results were obtained from tests of preliminary knowledge and tests of critical thinking skills. The results showed that the students' initial knowledge influenced the critical thinking skills of students. There is no significant difference between critical thinking skills and high initial knowledge thitung =1,87 ttabel = 2,56; Critical thinking skills with lower initial knowledge are higher t hitung =3,71 t tabel = 2,56.
PENGEMBANGAN ELEKTRONIK KOMIK (E-KOMIK) PADA PEMBELAJARAN IPS MATERI PERISTIWA PENTING SEKITAR PROKLAMASI DI KELAS V SD Intan Wibianto Putri; Arita Marini; Rosinar Siregar
JRPD (Jurnal Riset Pendidikan Dasar) Vol 4, No 2 (2021): Oktober 2021
Publisher : Universitas Muhammadiyah Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26618/jrpd.v4i2.5607

Abstract

Penelitian dan Pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa Elektronik Komik (E-Komik) “Peristiwa Penting Sekitar Proklamasi” pada pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial kelas V Sekolah Dasar. Penelitian ini dilakukan di SDN Kramat Pela 07, Jakarta Selatan. Penelitian dan pengembangan ini mengacu pada model pengembangan ADDIE. Responden dalam penelitian dan pengembangan ini meliputi dosen ahli media, dosen ahli materi, dosen ahli bahasa, ahli pemeriksa (guru kelas V SDN Kramat Pela 07) serta peserta didik kelas V SDN Kramat Pela 07. Uji coba pengguna dalam penelitian ini hanya dilakukan hingga tahap small group dikarenakan mewabahnya pandemi Covid-19. Hasil rekapitulasi ahli media sebesar 91.05%, ahli materi sebesar 96.00%, ahli bahasa sebesar 92.85% dan ahli pemeriksa (guru kelas) sebesar 97.33%. Selain itu hasil dari tahap uji coba One to One sebesar 97.22% dan Small Group sebesar 98.89%. Berdasarkan hasil Expert Review dan uji coba yang dilakukan dapat dinyatakan bahwa E-Komik “Peristiwa Penting Sekitar Proklamasi” merupakan produk yang valid dan layak digunakan sebagai alternatif media pembelajaran dalam pembelajaran IPS materi Peristiwa Penting Sekitar Proklamasi di  kelas V Sekolah Dasar.
MEDIA PEMBELAJARAN SCRAPBOOK UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATERI KEBERAGAMAN BUDAYA BANGSAKU PADA MUATAN IPS SD Nur Halisah; Arifin Maksum; Prayuningtyas Angger Wardhani
JRPD (Jurnal Riset Pendidikan Dasar) Vol 4, No 2 (2021): Oktober 2021
Publisher : Universitas Muhammadiyah Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26618/jrpd.v4i2.5571

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran scrapbook dalam meningkatkan pemahaman konsep materi keberagaman budaya bangsaku pada peserta didik kelas IV Sekolah Dasar. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan dengan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari lima tahapan yaitu analisis (analysis), perancangan (Design), pengembangan (Development), implementasi (Implementation), dan evaluasi (Evaluation). Namun penelitian ini dilakukan hanya pada tahap pengembangan. Penilaian kelayakan media pembelajaran scrapbook  terdiri dari ahli media, ahli materi, dan ahli bahasa. Hasil kelayakan dari validasi para ahli yaitu 1) Validasi media memperoleh skor 62,6%; 2) Validasi materi memperoleh skor 63,1% 3) Validasi bahasa memperoleh skor 67,1%. Berdasarkan hasil validasi secara keseluruhan diperoleh skor 64,2% dengan kategori layak. Maka dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran scrapbook untuk meningkatkan pemahaman konsep materi keberagaman budaya bangsaku pada muatan IPS dikelas IV Sekolah Dasar layak digunakan.
PENGARUH PEMBELAJARAN ONLINE TERHADAP MOTIVASI BELAJAR DAN MINAT BELAJAR MAHASISWA PGMI DI TENGAH PANDEMI COVID-19 Immawati Nur Aisyah Rivai; Rivai Mana
JRPD (Jurnal Riset Pendidikan Dasar) Vol 4, No 2 (2021): Oktober 2021
Publisher : Universitas Muhammadiyah Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26618/jrpd.v4i2.6403

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah, pengaruh pembelajaran online terhadap motivasibelajar dan adakah pengaruh pembelajaran online terhadap minat belajar mahasiswa PGMI di tengahpandemi Covid-19. Penelitian ini dilaksanakan dilaksanakan secara online menggunakan google formdengan alamat https://forms.gle/iafoGYvob9P1fQfNA pada bulan juni 2021. Subjek penelitian ini adalahmahasiswa angkatan 2020 PGMI Universitas UIN Alauddin Makassar dan sampel yang digunakanadalah seluruh mahasiswa angkatan 2020 yang mengikuti proses pembelajaran online. Instrumen yangdigunakan adalah observasi, angket dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan analisis regresisederhana, uji instrumen, dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan menunjukan bahwa terdapatpengaruh signifikan antara pembelajaran online terhadap motivasi belajar, hal ini menunjukkan bahwasemakin tinggi dan meningkatnya variabel pembelajaran online maka motivasi belajar akan akan semakinmeningkat. Dan hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat pengaruh signifikan antara pembelajaranonline terhadap minat belajar, hal ini menunjukkan bahwa semakin tinggi dan meningkatnya variabelpembelajaran online maka minat belajar akan akan semakin meningkat
Meningkatkan Kemampuan Menulis Karangan Naratif Menggunakan Model Pembelajaran Kooperaif Tipe Pengaliran Program IMAS ( Image Streaming) Siswa Kelas IV MIN 6 Cilacap Tasikin Tasikin
JRPD (Jurnal Riset Pendidikan Dasar) Vol 4, No 2 (2021): Oktober 2021
Publisher : Universitas Muhammadiyah Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26618/jrpd.v4i2.4995

Abstract

This classroom action research aims to improve the ability to write narrative through the IMAS (image streaming) learning model in class IV MIN 6 Cilacap, which amounts to 29 students. The data collection techniques used were observation, documentation and test models. The data analysis technique used is a descriptive analysis model to measure the ability to write the results of research tests (1 time giving the test) in each cycle using frequency distribution and the first percentage that there is an increase in the quality of the learning process to write narrative paragraphs after class action is held with the IMAS learning model ( Image Streaming). The results showed an increase in student learning outcomes. The average score of 69.59 cycle I with classical completeness 16 people (55.17%) complete, is in the low category and increases in cycle II 83.13 with classical completeness 29 people (100%) complete. This is supported by the increased activity and creativity of students in the teaching and learning process from cycle I to increase in cycle II. This means that the application of the IMAS (Image Streaming) learning model in Indonesian language learning can improve the ability to write narrative paragraphs for grade IV students of MIN 6 Cilacap.

Page 1 of 1 | Total Record : 9